Pengertian dan Fungsi Manajemen Konstruksi

Pengertian dan Fungsi Manajemen Konstruksi


    Manajemen konstruksi adalah suatu proses mengatur atau mengelola pekerjaan pembangunan agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan tujuan dari pembangunan tersebut.

    Manajemen konstruksi meliputi mutu fisik konstruksi, biaya dan waktu. Manajemen material dan manajemen tenaga kerja yang akan lebih ditekankan. Hal itu dikarenakan manajemen perencanaan berperan hanya 20% dan sisanya manajemen pelaksanaan termasuk didalamnya pengendalian biaya dan waktu proyek.

Kunjungi: Link Ini Kalau Ingin Mengetahui Bakat Anda 

Fungsi Manajemen Konstruksi

    Secara umum, manajemen konstruksi menerapkan fungsi manajemen dari suatu proyek dengan memanfaatkan sumber daya secara lebih efektif dan efisien demi mencapai tujuan. Berikut 4 fungsi manajemen konstruks

Kunjungi: Kalau Ingin Berkonsultasi Renovasi Rumah 

1. Perencanaan (Planning)

    Dari segi perencanaan, manajemen konstruksi berfungsi dalam menentukan proyek pembangunan yang seperti apa yang akan dikerjakan, kapan dan bagaimana caranya. Seorang manajer konstruksi wajib menjadi pengambil keputusan atas rencana pembuatan konstruksi.

Kunjungi: Link Ini Kalau  Ingin Beli Rumah Modern Minimalis 

2. Pengorganisasian (Organizing)

    Manajemen konstruksi berfungsi untuk membentuk organisasi atau divisi-divisi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan sebuah proyek sesuai yang sudah direncanakan. Manajer memiliki hak untuk memberikan penempatan beberapa tim atau anggota kerja ke dalam suatu divisi.

Kunjungi: Link Ini Kalau Ingin Meningkat SDM Kalian 

3. Pengarahan (Actuating)

    Adanya manajemen konstruksi maka dapat melakukan pembinaan atau pengarahan seperti memberikan pelatihan, bimbingan dan bentuk arahan lainnya agar setiap tanggung jawab yang diberikan terlaksana dengan baik.

Kunjungi: Link Ini Kalau Ingin Konsultasi Tower BTS 

4. Pengendalian (Controlling)

    Manajemen konstruksi bertindak sebagai pengawas terhadap kegiatan proyek dan melakukan evaluasi jika saja terjadi penyimpangan dalam suatu divisi selama proyek berlangsung. Maka seorang manajer akan melakukan pencegahan dan upaya antisipasi terhadap penyimpangan yang terjadi.

Kunjungi: Link Ini Kalau Ingin Konsultasi SLF 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Skill Yang Harus di Miliki Seorang UI/UX Designer

Apa Itu Arsitektur Modern Abad Pertengahan?